3 Teknik Tingkatkan Kemampuan Penjualan Bagi Pemburu Posisi Salesman

Indonesia Satu Manajemen,
12 Mei 2022 - 1:42

Mengetahui teknik penjualan tidak hanya keterampilan salesman, tetapi siapapun karena hidup berhubungan dengan jual-beli. Namun demikian, skill tersebut sering dipertanyakan saat wawancara kerja bagi kandidat yang melamar posisi sales.

Selling skill tidak sekadar menawarkan barang dan melontarkan kalimat persuasif. Anda juga harus tahu teknik yang tepat untuk membawa konsumen pada kebutuhan. Jadi berikut ini merupakan metode terbaik meningkatkan kemampuan penjualan!

  • Ubah persepsi tentang penjualan

Sebelum melompat pada teknik dan praktis, ketahui dulu tentang persepsi sales. Teknik penjualan bukan hanya mendorong seseorang untuk membeli barang yang ditawarkan, melainkan lebih dari itu.

Tanamkan dalam pikiran dengan mengganti kata ‘jual’ menjadi ‘memotivasi’. Dengan demikian penjualan ialah memberikan motivasi kepada calon konsumen untuk mengambil tindakan. Dengarkan kebutuhan mereka dan ketahui cara yang tepat guna menarik minat.

  • Ketahui calon konsumen

Mengenal pelanggan berarti mendengarkan dengan tulus. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang bukanlah pendengar aktif. Mempelajari skill tersebut membantu mengetahui selera dan apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Di samping itu, pendengar aktif juga memudahkan menciptakan hipotesis terhadap kebutuhan calon konsumen. Kemudian barengi kemampuan ini dengan pemecahan masalah, yakni menawarkan produk dan jelaskan secara detail serta fungsinya.

  • Tunjukkan sisi manfaat dari produk

Bagian terpenting adalah bejalar bagaimana memotivasi seseorang dengan komunikasi. Pengetahuan tentang produk cukup baik dan tahu kebutuhan calon pelanggan. Namun yang terpenting yakni memposisikan diri sebagai mereka, lantas masukkan ide serta gagasan sebagai bentuk promosi.

Esensi tentang penjualan bukan membuat salesman bahagia, namun kebutuhan konsumen terpenuhi. Oleh sebab itu, hindari memfokuskan pada agenda diri sendiri, yang terpenting adalah mengerti apa yang dibutuhkan. Itulah sebabnya, penting pula menjelaskan tentang manfaat serta kegunaan dari produk yang ditawarkan.

Jika Anda tertarik dengan bidang penjualan, maka tidak ada salahnya mengaplikasikan tips di atas. Selamat bekerja!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp